Wabup Budiman : Musrenbang RKPD Prioritaskan Program Kepala Daerah

  • Whatsapp

LUWU TIMUR – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2022. Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati Luwu Timur, H. Budiman yang berlangsung di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Kamis (25/03/2021).

Tema Pembangunan Kabupaten Luwu Timur Tahun 2022, yakni “Peningkatan daya saing daerah untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas” yang diikuti Wakil Ketua DPRD, H. Usman Sadik, Mewakili Gubernur, Kadis Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan, H. Ahmadi Akil, Kajari Luwu Timur, Muhammad Zubair, Instansi Vertikal, Kepala OPD, Plt. Ketua TP PKK Luwu Timur, Sufriaty, Camat, Lurah dan Kades se Kabupaten Luwu Timur.

Wakil Bupati mengatakan, prioritas pembangunan diarahkan pada lima sasaran utama yakni Pengembangan ekonomi berbasis pertanian, ekonomi kerakyatan dan pariwisata, Peningkatan kualitas sumber daya manusia, Peningkatan kualitas layanan infrastruktur dan pengembangan wilayah, Pengembangan sumber daya alam dan pelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan dan Perbaikan tatakelola Pemerintahan dan pelayanan publik.

Lanjut Budiman, RKPD yang akan disusun tahun ini merupakan RKPD transisi, karena secara aturan RPJMD Kabupaten Luwu Timur periode 2016-2021 berakhir di Bulan Februari kemarin, sehingga yang menjadi dasar dalam penyusunan RKPD adalah keselarasan dari turunan dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Luwu Timur, RKP Nasional dan RKPD Propinsi Sulawesi Selatan.

“Kepada seluruh OPD, saya harapkan betul-betul mencermati tema pembangunan daerah dan visi-misi kepala daerah, dengan beberapa program prioritas yang menjadi rancangan RPJMD Kabupaten Luwu Timur tahun 2021-2026 yang sementara kita susun bersama, sehingga ke depan dapat kita mengelompokkan program skala prioritas kepala daerah yang akan dilaksanakan dari tahun ke tahun secara bertahap,” jelasnya.

“Salah satu program prioritas kami yakni 1 milyar 1 Desa, saya harapkan ini bisa maksimal mulai dari pengawasan, pendampingan dan evaluasi terhadap program ini,” tambah Budiman.

Menutup sambutannya, Budiman mengatakan, penyusunan RKPD kedepan harus mendukung pencapaian visi dan misi kepala daerah. Hal ini tentu bisa terwujud dengan dukungan seluruh pimpinan OPD.

Mewakili Gubernur Sulsel, Kadis Perindustrian, H. Ahmadi Akil mengatakan, Musrenbang RKPD ini merupakan forum dialog dari seluruh stakeholder untuk penyelarasan dan sinkronisasi program pembangunan daerah baik itu Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. (hms/ikp/kominfo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *