Tingkat Kerawanan Pilkada Lutim Semakin Membaik, Rachman Atja: “Terima kasih rekan media”

  • Whatsapp
Konfrensi Pers, Ketua Bawaslu Lutim Rachman Atja bersama awak media se Lutim

Malili, Lutim-News.com_ Tingkat kerawanan dalam Pilkada Luwu Timur semakin membaik. Saat ini, Bawaslu merilis indeks kerawanan telah berada di zona kuning dan beransur menuju zona hijau. Demikian hasil Konfrensi Pers yang digelar Bawaslu Luwu Timur bersama puluhan awak media se Lutim, Senin 07 Desember 2020.

Ketua Bawaslu Lutim Rachman Atja saat mengawali jumpa pers tersebut mengungkapkan rasa terima-kasihnya kepada seluruh awak media yang juga berperan dalam menciptakan Pilkada yang damai di masa kampanye hingga H minus 2.

“Indeks kerawanan di pilkada Lutim saat ini telah berada di zona kuning dan insha Allah akan menuju zona hijau, dan itu tidak terlepas dari peran aktif para media yang menjadi mitra Bawaslu Lutim. Untuk itu melalui kesempatan ini kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan media yang selalu aktif mensupport Bawaslu Lutim dalam menyampaikan berita-berita terkait pilkada saat ini.” Ujar Rachman Atja.

Dalam uraiannya, Rachman Atja juga menjelaskan beberapa hasil temuan dan pelaporan dalam masa kampanye baik yang sudah terproses maupun yang sementara berproses.

“Sebanyak 21 Surat Peringatan, dan ada sejumlah 22 laporan dugaan pelanggaran dan 26 hasil temuan bawaslu yang menjadi catatan penting dan rekor baru dalam pilkada kali ini. Meski demikian hanya satu kasus yang sudah lengkap dan sedang menunggu proses P21 serta 2 kasus dalam proses. Hal itu menandakan hasil kerja yang cukup maksimal dari Bawaslu sebab lebih banyak menemukan sendiri dari pada laporan yang masuk.” urai Rachman Atja.

Selanjutnya Komisioner Bawaslu Sukmawati menambahkan jika Bawaslu juga tengah menjaga kewibawaan demokrasi di Pilkada Lutim, dengan giat melakukan Patroli bersama TNI Polri dan Satpol PP guna menertibkan beberapa alat peraga, termasuk menjaga dan mengawasi indikasi politik uang.

“Kita juga berkoordinasi dengan TNI Polri dan Satpol PP dalam penertiban alat peraga. Bahkan kami juga sydah memulai melakukan patroli pada waktu tertentu guna mencegah atau mengawasi indikasi terjadinya money politik,” jelas Sukmawati.

Dan diakhir keterangannya, Sukmawati menegaskan Bawaslu Lutim akan mengedepankan netralitas dalam menjalankan tugas, dan hanya semata berdasar pada aturan yang berlaku.
Liputan : malik
Editor. : redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *