Silaturahmi Dengan Kepsek, Bupati Luwu Timur Beri Motivasi

  • Whatsapp

LUWU TIMUR – Ratusan Kepala Sekolah SD Negeri se Kabupaten Luwu Timur mendapatkan energi baru dari orang nomor satu di Bumi Batara Guru. Energi baru tersebut berupa motivasi dengan berbagi pengalaman pribadi dari Bupati Luwu Timur, H. Budiman ketika bersilaturahmi dengan para Kepala Sekolah SDN di Aula Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur, Puncak Indah Malili, Kamis (29/04/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati bercerita panjang tentang pengalamannya sebelum menjadi Wakil Bupati yang selanjutnya dilantik menjadi Bupati setelah Bupati terpilih Thoriq Husler meninggal dunia sebelum dilantik.

“Sebelum ditakdirkan menjadi Bupati, saya pernah menjadi pelatih renang di Makassar tepatnya di Stadion Mattoanging, profesi ini saya lakoni selama 17 tahun lamanya dengan gaji awal sebesar Rp. 7.500 perbulan,” beber H. Budiman mengawali kisahnya.

“Inisiatif menjadi pelatih renang tak lain karena tuntutan hidup, saya kan 5 orang bersaudara jadi tidak bisa sepenuhnya mengandalkan orang tua untuk biaya kuliah,” tambahnya.

Namun menurutnya, dari profesi pelatih ini juga dirinya bisa memperoleh rekomendasi dari pengurus KONI Sulawesi Selatan untuk dapat mengikuti tes hingga akhirnya dapat lulus sebagai guru olahraga di salah satu SMA di Kota Makassar.

“Sebenarnya dulu kita satu profesi walau beda tingkatan, saya berkarir di SMA dari tahun 1994, tepatnya di SMA 16 Kota Makassar dengan jabatan terakhir Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan, disekolah ini pula saya sempat dinobatkan sebagai Guru Teladan se Kota Makassar Tahun 2003,” Kata H. Budiman dihadapan para Kepala Sekolah.

Setelah bergabung di Pemerintahan Kabupaten Luwu Timur tepatnya ditahun 2004, berbagai jabatan strategis yang sempat didudukinya mulai dari Kepala Bidang Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan (2005), Kabag Ekbang Setdakab Luwu Timur (2006), selanjutnya promosi jadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (2006-2013), lalu bergeser menjadi Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman (2014-2015), kemudian menjadi Staf Ahli Hukum Setdakab Luwu Timur (2016 -2019), Plt. Asisten Pemerintahan (2016), dan Plt. Asisten Perekonomian dan Pengembangan Infrastruktur (2019), dan terakhir Kepala Bepelitbangda (November 2019).

Bupati juga bercerita pengalaman ketika dirinya mengikuti Executive Education Training di Harvard University USA tahun 2012 dan Executive Education Training di La Trobe University Australia tahun 2013.

Sejatinya, harapan Bupati berbagi pengalaman yakni berharap agar para Kepala Sekolah tetap melanjutkan kuliah yang lebih tinggi, karena menurutnya kuliah merupakan bagian dari pengembangan diri.

“Mereka yang bisa kuliah hari ini bisa berbangga dan memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya, karena banyak orang yang ingin kuliah tapi tidak memiliki kesempatan,” pesan Bupati Budiman yang juga merupakan Alumni dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) 1994 dan Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar (UNM) 2004.

Silaturahmi yang dirangkai dengan dialog interaktif yang dibagi menjadi 2 sesi ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, La Besse dan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SDN se Kabupaten Luwu Timur Batman. (hms/ikp/kominfo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *