Pilkada Lutim, Hasil Real Count SSI Husler-Budiman Ungguli Ibas-Rio di 9 Kecamatan

  • Whatsapp

Malili, Lutim-News.com_ Hasil perhitungan (Real Count) Lembaga Script Survei Indonesia (SSI) juga merilis kemenangan Paslon Nomor Urut 1 Husler-Budiman 52.76 % di Pilkada Luwu Timur. Rabu 09 Desember 2020, malam pukul 22.00 wita.

Kemenangan Paslon nomor urut 1 Husler-Budiman mengungguli Ibas-Rio di 9 kecamatan dari total 11 kecamatan yang ada di Luwu Timur. Dimana dari 9 kecamatan itu, Husler-Budiman meraih 86.631 suara dari 163.683 jumlah suara sah di 538 TPS.

Sementara pasangan calon nomor urut 2 Ibas-Rio yang hanya memperoleh 47.24 %, hanya unggul di 2 kecamatan yakni Kec. Malili dan Wasuponda dengan total 77.322 suara yang diraih.

Koordinator SSI Lutim Center, Suleman Amala, kepada pewarta Lutim-News.com mengatakan data riil dan sangat akuratlah yang menjadi bahan olahan lembaga survei SSI. Untuk itu, secara terinci tingkat partisipasi pemilih di Lutim yang cukup tinggi yakni 81,5 % atau sejumlah 163.683 suara sah bisa diperoleh melalui metode real count.

“Perhitungan suara masuk dengan menggunakan perhitungan secara real count ini merupakan data yang sangat akurat. Oleh sebab selain kami bekerja sama dengan KPU, data yang kami imput juga adalah data C1 yang kami terima setelah ditandatangani oleh petugas di TPS dan para saksi, makanya margin errornya paling tinggi 1 % saja. Sehingga inilah data yang benar dan akan kembali dihitung dan direkapitulasi oleh KPU sebelum melakukan penetapan. Dan jelas ini beda dengan perhitungan cepat Quick Count yang hanya mengambil sampel dari beberapa TPS dan langsung mengimput.” urai Suleman Amala.
Liputan : malik
Editor. : redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *