Pemkab Lutim Gandeng Unhas Tangani Pandemi Covid19

  • Whatsapp

LUWU TIMUR — Penanganan virus corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Luwu Timur secara serius masih terus dilakukan jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, apalagi hingga saat ini angka penyebaran virus tersebut masih relatif tinggi setiap harinya.

Hal ini pula menjadi salah satu tujuan menemui Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu dengan agenda pembahasan keterlibatan kampus-kampus dalam penanganan Covid-19.

Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Kerja Rektor, Lantai 8, Gedung Rektorat Unhas, Makassar, Selasa (09/03/2021).

Dalam pertemuan itu, Wakil Bupati, H. Budiman memaparkan sejumlah rencana-rencana dan upaya-upaya yang sedang akan ditempuh untuk mengatasi pandemi di Kabupaten Luwu Timur, minimal dapat menurunkan angka positif setiap harinya.

“Salah satu rencana kami yakni akan melakukan tes GeNose, dengan melibatkan ahli-ahli kesehatan dan epidemiologi dari Unhas, semoga dengan upaya tersebut jumlah kasus positif bisa melandai, itu kami sangat terbantu,” katanya.

Ia pun menyampaikan terimakasihnya atas dukungan penuh Unhas kepada Pemkab Luwu Timur dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

“Terima kasih ibu Rektor, telah mengijinkan kami untuk memberdayakan sumber daya dan tenaga ahli dari Unhas,” kata H. Budiman.

Sementara Rektor Unhas menyambut baik dan menyatakan siap memberi dukungan kepada Pemkab Luwu Timur.

Menurut Prof. Dwia, upaya penanganan Covid-19 memang membutuhkan partisipasi dan sinergi, dimana semua elemen harus terlibat dan terkoordinasi.

“Sebagai kampus, kita akan menjalankan peran yang dibutuhkan. Jika ahli kita dibutuhkan, akan kita siapkan. Jika riset dibutuhkan, siap kita laksanakan. Pokoknya, ini harus jadi langkah bersama,” tegas Prof. Dwia.

Sekadar diketahui, beberapa civitas Unhas yang akan dilibatkan dalam rencana tes GeNose yakni Prof. Dr. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil, (Wakil Rektor, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Infrastruktur Unhas), Prof. Rahman Kadir dan Dr. dr. Andi Wardihan Sinrang. Turut hadir pula Komisaris Utama PT. KIMA, Saldy Mansyur.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati didampingi Wakil Ketua DPRD, H. Usman Sadik, Sekda Luwu Timur, H. Bahri Suli, Tim Satgas Penanganan Covid 19, dan Perwakilan Manajemen PT. Vale Indonesia, Budiawansyah dan jajarannya. (hms/ikp/kominfo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *