Masih Lanjut, Usman Sadik Tinjau Pengelolaan Amdal PT PUL

  • Whatsapp

Usai tinjau lokasi tambang PT Citra Lampia Mandiri (CLM) kemarin, Wakil Ketua DPRD, H. Usman Sadik kembali inspeksi perusahaan tambang lainnya. Kali ini inspeksi ke lokasi tambang PT Prima Utama Lestari (PUL). Sabtu (04/01/2020).

PT PUL adalah perusahaan tambang yang masuk dan beroperasi sejak tahun 2011, sempat terhenti beroperasi dan berganti manajemen hingga akhirnya tahun 2018 kembali beroperasi di Desa Ussu, Kecamatan Malili.

Tinjauan ke lokasi tambang di Luwu Timur oleh DPRD merupakan buntut masih belum taatnya perusahaan tambang perihal pelaksanaan AMDALnya yang baru diketahuinya saat meninjau PT CLM kemarin.

Usman Sadik didampingi Dinas Lingkungan Hidup diantaranya Kabid Penataan dan Penaatan, Nasir dan staf.

Perusahaan tambang yang membandel, kata Nasir telah diberikan surat teguran resmi, namun tetap tidak mengindahkan.

“Iye, berulangkali ditegur,” kata Nasir saat meninjau lokasi tambang.

Inspeksi pertama di lokasi Sendiment Pond atau kolam pengendapan, Usman Sadik bersama tim berjalan kaki di area yang tidak aman, terjal dan rawan longsor. Seolah tak menggubrisnya, tim tetap melanjutkan peninjauan ke titik lokasi.

Dalam area itu terdapat Sendiment Pond menurut Bagian Humas PT PUL, Andi Usman namun berbeda dengan tanggapan Usman Sadik, galian itu katanya mirip seperti “empang”.

“Yang mana sendiment Pond, ini lebih mirip empang,” kata Usman Sadik.

Menurutnya, sendiment pond memerlukan batu-batuan (penyaring air) serta saluran penyaliran yang jelas. Usman Sadik juga mengkritisi stockpile yang tak ditutupi terpal serta berdampingan dengan empang warga.

“Kami rekomendasikan hentikan aktivitas menambang, selesaikan dulu Amdalnya,” tegas Usman Sadik.

Selain Bagian Humas, Pihak CLM juga hadir Bagian Kepala Teknik Tambang (KTT), Ilham, dan Pihak Legal dan HRD.

Liputan : tim | Editor : Redaksi Lutim-news

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *