Jelang Pilkada, Polres Luwu Timur Gelar Latihan Pengendalian Massa

  • Whatsapp

MALILI– Kepolisian Resort (Polres) Luwu Timur menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas) dalam rangka pelaksanaan pesta demokrasi pilkada tahun 2020.

Latihan Dalmas Operasi Mantap Praja 2020 ini dilaksanakan di halaman Mapolres Luwu Timur, Malili, Selasa (23/06/2020)

Latihan Dalmas ini melibatkan 3 pleton dari Personil Polres Luwu Timur dan 1 pleton untuk satuan polisi pamong praja (Satpol PP) dengan peralatan dan persenjataan yang lengkap seperti rompi full set, kendaraan roda 2 dan roda 4 serta senjata lengkap seperti gas air mata.

”Menjelang pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Luwu Timur  9 Desember 2020  mendatang, kami laksanakan latihan Dalmas ini untuk meningkatkan kemampuan personil di lapangan mengamankan pilkada di daerah ini,” terang Kapolres Luwu Timur, AKBP Indratmoko.

Dikatakan Kapolres, Latihan keterampilan Pengendalian Masyarakat (dalmas) ini sangat penting , karna kedepannya kita akan menghadapi pesta rakyat pilkada serentak 2020.

Adapun dalam Pelatihan dalmas ini, personil dilatih tentang pengamanan jika terjadi unjuk rasa dari tahap pemilihan hingga penentuan hasil. “dari latihan ini kita siap menciptakan pilkada yang aman, damai dan sejuk,”katanya

Iapun mengajak kepada masyarakat agar bersama-sama menciptakan situasi yang aman , sejuk dan dan damai dalam pilkada serentak nanti.

“jangan mudah terkena hoax maupun terprovokasi, bersama kita sukseskan pemilukada serentak ini’’tandas Kapolres

Di kesempatan yang sama Kabag Ops Luwu Timur, Kompol Andi Akbar Malloroang, mengungkapkan latihan  kali ini memfokuskan pada  berbagai macam formasi, ketentuan dan protokol penanganan massa di lapangan.

” Bagaimana para personil dapat bekerjasama sebagai satu kesatuan sebagai kunci dalam pengendalian massa di bawah komando dan bergerak secara serentak,” ujar Andi Akbar.

Menurutnya, kemampuan pengendalian massa tidak hanya dimiliki oleh satu fungsi saja yakni sabhara, namun mencakup seluruh personil di fungsi lainnya seperti reskrim, Intel, Lantas , Binmas, Resnarkoba hingga staf.

Rencanya pelatihan pengendalian massa semacam ini akan digelar minimal tiga kali sebelum pemilihan kepala daerah di Bumi Batara Guru. Selain menggandeng Satpol PP dalam sesi latihan bersama juga akan melibatkan personil TNI di waktu mendatang.(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *