Jelang Lomba Tk. Nasional, Perpustakaan Nirwana Terus Berbenah

  • Whatsapp

Malili__ Perpustakaan Nirwana Desa Bangun Jaya Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, yang akan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada lomba Perpustakaan Desa tingkat Nasional pada bulan September 2020 mendatang terus berbenah.

Guna memantapkan persiapan menghadapi lomba tersebut, maka pada Selasa (25/08/2020), dilakukan rapat persiapan lomba yang dilaksanakan di Kantor Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tomoni.

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur, Satri, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Tabacina Ahmad, kepala Desa Bangun Jaya, Sunarsono dan sejumlah intansi terkait termasuk Dinas Kominfo serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Satri mengatakan bahwa, tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak mengenai kesiapan Perpustakaan Nirwana, terutama apa saja yang bisa dibenahi sesuai masukan dari tim Yuri tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada penilaian yang lalu.

“Jadi intinya adalah bagaimana Perpustakaan Nirwana ini betul-betul layak untuk mewakili Sulawesi Selatan dan mendapatkan hasil yang memuaskan, makanya diminta masukkan dari instansi terkait,” kata Satri.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Tabacina memberikan masukan bagaimana membuat suasana Perpustakaan bisa lebih kelihatan asri dan inovatif dengan penggunaan sampah daur ulang. Selain itu, juga ada inovasi-inovasi yang dilakukan untuk menarik minat pengunjung untuk datang ke Perpustakaan Nirwana.

“Perpustakaan Nirwana harus bisa membuktikan bahwa memang layak untuk mewakili Sulsel ketingkat Nasional karena memiliki kelebihan dari perpustakaan desa lainnya,” terang Andi Tabacina.

Sementara itu, Kades Bangun Jaya, Sunarsono mengatakan bahwa, saat ini Perpustakaan Nirwana terus berbenah pada segala lini baik administrasi maupun inovasi termasuk yang terkait dengan kriteria penilaian dari Dewan Yuri.

“Petunjuk dan masukan dari Dewan Yuri pada lomba Perpustakaan Desa tingkat Sulsel kami sudah lakukan, sisa inovasi yang akan kami coba lakukan dengan memperhatikan saran-saran dari OPD Terkait utamanya Dinas Perpustakaan dan kearsipan,” terang Sunarsono.

Usai pertemuan, dilakukan peninjauan ke ruangan Perpustakaan Nirwana untuk melihat koleksi buku serta kondisi ruangan sekaligus berbincang dengan pengelola Perpustakaan Nirwana.

Perpustakaan Nirwana Desa Bangun jaya telah terakreditasi B dan memiliki gedung perpustakaan sendiri yang terpisah kantor desa. Perpustakaan ini terdiri dari ruang baca untuk umum dan ruang anak serta ruang IT, juga ada cafe baca yang dilengkapi dengan WiFi gratis.

Liputan: ikp/kominfo
Editor: redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *