Husein Tokoh Adat Suku Dongi : “Ingat Lewat Hak Diskresi, Husler Tetapkan Bumper Sorowako Kawasan Pemukiman Terbatas”

  • Whatsapp
Tokoh Adat Suku Dongi Husein diapit Paslon Husler-Budiman dan Tim Pemenangan

Sorowako_ Warga Suku Dongi yang mendiami wilayah seputaran Bumi Perkemahan Sorowako Kecamatan Nuha akhirnya bisa bernafas lega, dan tidak bisa melupakan jerih payah Husler semasa masih menjabat Bupati Luwu Timur.

“Untuk menetapkan Bumi Perkemahan Sorowako sebagai kawasan pemukiman terbatas sementara, Husler melalui hak diskresi telah berbuat untuk suku dongi.” Ungkap Husein saat menghadiri kampanye dialogis Husler-Budiman Menyapa Desa di Bamper, Minggu 11 Oktober 2020.

Seingat Husein, Surat Keputusan (SK) Bupati Luwu Timur Nomor 138/A-01/IV/Tahun 2020 yang memuat tentang penetapan Lokasi Bumi Perkemahan Sorowako sebagai Lokasi Pemukiman Sementara Terbatas, sambil menunggu penetapan defenitif berdasarkan Rencana Tata Ruang Daerah Kabupaten Luwu Timur, dan Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan Nuha.

Terus Menyapa Desa, Cabup Husler di Bumper Sorowako

SK tersebut lanjut Husein, diserahkan Husler kepada beberapa pihak terkait, yakni perwakilan masyarakat Dongi, Andi Baso, pihak PT. Vale Indonesia, Yusri, Pimpinan PLN Ranting Malili, Syamsuddin, Camat Nuha, Aswan dan Lurah Magani, Ishak, disaksikan Anggota DPRD, Najamuddin dan Asisten Pemerintahan, Dohri As’ari di Rumah Jabatan Bupati, medio April 2020 lalu.

Penggunaan Hak Diskresi ini sudah diatur dalam Undang-Undang No. 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan (Lembaran Negara Republik Indonesia) tahun 2014, Nomor 292 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5601. Konsiderannya adalah penggunaan hak Diskresi Kepala Daerah.

Pada kesempatan itu juga, Husein mengingatkan bahwa Husler juga meminta kepada pihak PLN agar semua rumah warga di seputaran Bumper Dongi Sorowako bisa segera menikmati listrik PLN.

”Terkhusus kepada pimpinan PLN Ranting Malili, Syamsuddin, Pak Haji waktu itu mengatakan, tolong Kepala PLN teknisnya bagaimana silahkan berkoordinasi dengan PT. Vale, saya harap sebelum Ramadhan warga disana sudah diterangi aliran listrik,”  kata Husein mengutip ucapan Husler tempo itu, yang langsung disambut tepuk riuh warga Dongi.

Kemudian terkait masuknya jaringan listrik di Bumper kata Husein, sepenuhnya adalah jerih payah yang dilakukan Husler, dan bukan pihak lain seperti yang diklaim pihak tertentu.

“Ada pihak tertentu yang mengklaim telah berjuang memasukkan jaringan listrik di Bumper Sorowako, itu tidak betul, sebab sebelumnya PLN sudah berkoordinasi dengan PT Vale untuk menyambung jaringan listrik ke Bumper Sorowako meski dengan ketentuan tidak bisa lagi menambah penduduk baru di kawasan pemukiman terbatas ini,” pungkas Husein.
Liputan : malik/jbr
Editor. : redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *