Di Towuti Pesisir dan Mahalona Raya Husler Yakin Menang 80 Persen, ini Indikatornya !

  • Whatsapp

Towuti_ Menyapa Beberapa desa di Towuti Pesisir dan se Mahalona Raya, Calon Bupati Luwu Timur Ir. H. Muh. Thoriq Husler semakin yakin meraih kemenangan besar hingga 80 persen. Selasa, 29 September 2020.

Keyakinan tersebut didasari pada peran pentingnya dalam upaya membuat segenap wilayah Towuti Pesisir dsn Mahalonsa Raya menjadi terang benderang, dengan memasukkan jaringan listrik.

“Memang betul anggaran jaringan listrik masuk desa itu negera yang menyediakan, saya hanya berperan mengupayakan secara tuntas agar program tersebut dikucurkan pemerintah provinsi. Dan itu terealisasi sepenuhnya di pemerintahan saya,” ujar Husler saat dialog dengan para pendukungnya.

Selain itu, keberhasilan lain dibidang pertanian khususnya pada tanaman Lada yakni telah diperolehnya Sertifikat Indikasi Geografis (IG) Lada bagi Towuti Luwu Timur yang diserahkan Sekjen Kemenkumham RI kepada Bupati Luwu Timur, Muh. Thorig Husler di Hotel Claro Makassar beberapa pekan lalu.

Terbitnya sertifikat IG ini menandakan Lada Luwu Timur sudah diakui negara. Dan lada Luwu Timur sudah siap bersaing di pasaran internasional.

H. Baharuddin Petani Lada asal Desa Loeha peraih sertifikat IPC Awward 2016

H. Baharuddin salah seorang petani lada Desa Loeha, yang sudah memiliki piagam atau sertifikat dan di akui 5 negara (India, Indonesia, Singapura, Srilangka dan Vietnam) International Pepper Community mengatakan, Keluarnya sertifikat IG ini membuktikan Bupati Luwu Timur tidak tinggal diam atas keterpurukannya petani lada di Luwu Timur. Husler terus berjuang agar Lada Lutim kembali berjaya dan petani sejahtera.

“Hasil perjuangan Husler memperoleh Sertifikat IG harus bisa para petani manfaatkan. Untuk bisa dimaksimalkan dan memanfaatkan keberadaan sertifikat IG itu, Pemda juga sudah membangun gudang penampungan di Pekaloa, sisa mengadakan mesin pengolahan lada (mesin pembersi lada). Sehingga kemudian hasil produksi lada kita bisa semakin memiliki nilai jual yang normal berstandar, karena sudah bersertifikat.” ujar H. Baharuddin.

Peran Pemerintah Daerah Lutim, lanjut H. Baharuddin, bagaimana menjaga agar sertifikat ini bisa bertahan dan bisa tetap menjaga kualitas dan kuantitas produk lada ini, membuat sebagian masyarakat berharap lebih dari Calon Bupati dan Wakil Bupati Husler-Budiman.

“Harapan besar kami kepada Husler-Budiman bagaimana menjaga agar sertifikat ini bisa bertahan dan bisa tetap menjaga kualitas dan kuantitas produk lada ini. Namun seluruh kelompok pekebun lada yang masuk dalam kawasan area IG harus didata selanjutnya diberikan pembinaan produksi lada sesuai persyaratan yang di tetapkan oleh IPC, Esa, ASTA.” tambahnya.

Jika semua harapan ini bisa dimaksimalkan oleh Husler-Budiman, angka 80 persen kemenangan akan bisa diraih di Mahalona Raya dan Towuti Pesisir yang dominan penduduknya bergantung di sektor pertanian. Jelas H Baharuddin mengakhiri.
Liputan : malik
Editor. : redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *