oleh

Husler Pimpin Upacara Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91

Burau__ Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, di Lapangan Burau, Kecamatan Burau yang mengambil tema “Bersatu Kita Maju”, Senin (28/10/2019) Pagi.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, jajaran Forpimda Kabupaten Luwu Timur, Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Puspawati Husler, Anggota DPRD Luwu Timur, Sarkawi A. Hamid, Heriyanti Harun, Badawi Alwi, Andi Surono, Alpian Alwi, Kepala OPD di lingkup Pemkab Luwu Timur, Camat, Kepala Desa, siswa-siswi tingkat SLTA dan Organisasi kepemudaan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Luwu Timur membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainuddin Amali yang mengatakan bahwa, Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini, katanya, diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang di ikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing bangsa.

Namun pada sisi yang lain, kata Husler, perkembangan ini juga mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

“Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas,” ungkapnya.

Selain itu, Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Lebih lanjut, tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

“Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul Tokoh-Tokoh muda yang mendunia,” jelasnya.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” tegas Husler.

Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda. Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita. Semoga Allah SWT – Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua,” tutupnya.

Pada kegiatan itu, dilakukan juga pembacaan UUD tahun 1945 dan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928 oleh 26 pemuda pemudi yang memakai pakaian adat berbagai suku di Luwu Timur.

Dipenghujung acara, Bupati Luwu Timur menyerahkan penghargaan kepada Pemuda pelopor Luwu Timur, Duta pemuda Luwu Timur Tahun 2019 dan Penyerahan sertifikat diving licency pemandu wisata bawah air secara simbolis. Usai upacara dilanjutkan dengan persembahan tarian kolosal dan tarian beberapa etnis.

Liputan: hms/ikp/kominfo
Editor: redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed