oleh

Sekda Luwu Timur Ikuti Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah

Malili__ Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, H. Bahri Suli, didampingi Inspektur, Salam Latief, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Internal Pemerintah (PIP) Tahun 2019. Rakor ini mengangkat tema “Penguatan APIP Dalam Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan yang Berkualitas” yang berlangsung di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (21/03/2019).

Rakornas PIP 2019 ini dibuka Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, didampingi Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro. Kelima menteri ini juga menjadi pembicara dalam rakornas kali ini.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla meminta para Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) meningkatkan penguasaan teknologi agar sistem pengawasan yang dibuat jadi lebih efektif. Menurutnya, di era saat ini, sudah selayaknya pengawasan itu berbasis teknologi. Pasalnya, pengawasan berbasis teknologi akan semakin ketat dan membuat penggunaan anggaran semakin efektif dan efisien dalam mengelola anggaran.

Sementara Sekda Luwu Timur, Bahri Suli mengatakan, Rakornas ini memiliki arti penting bagi Pemerintah Kabupaten/Kota dalam rangka Maturitas Sistim Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Peningkatan Kapabilitas APIP menuju level 3 untuk mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pelaksanaan pembangunan daerah.

Rakornas PIP itu dihadiri peserta sebanyak 1.200 orang yang berasal dari APIP pada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah daerah sebanyak 628 orang, Perwakilan BPKP sebanyak 80 orang, Aliansi Auditor Internal Indonesia sebanyak 11 orang, Sekretaris Jenderal K/L dan Sekretaris Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota terpilih sebanyak 481 orang.

Liputan: hms/ikp/kominfo/redaksi

News Feed