oleh

Husler Serahkan Bantuan Stimulan Bedah Rumah Bagi Warga 4 Kecamatan

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, menyerahkan secara simbolis Bantuan Stimulan Bedah Rumah Kabupaten Luwu Timur Tahun Anggaran 2019 kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk empat Kecamatan, masing-masing Kecamatan Mangkutana, Tomoni, Tomoni Timur dan Kalaena. Kegiatan ini dirangkai dengan sosialisasi sekaligus penanda tanganan buku rekening penerima bantuan dari Pemerintah Daerah, di Aula Kantor Camat Mangkutana, Selasa (26/03/2019).

Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertamanan Kabupaten Luwu Timur, Syahmuddin mengatakan, amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 mengatakan bahwa Rumah Adalah Salah Satu Hak Dasar Rakyat. Oleh karena itu, setiap warga negara berhak memiliki tempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat. Selain kebutuhan dasar manusia, rumah juga berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan.

Lanjutnya, rumah juga sebagai pencerminan diri pribadi dalam upaya peningkatan taraf hidup, serta pembentukan watak, karakter dan kepribadian bangsa. Namun sayangnya, hak dasar rakyat tersebut pada saat ini masih belum sepenuhnya terpenuhi. “Salah satu penyebabnya adalah adanya kesenjangan pemenuhan kebutuhan perumahan yang relatif masih besar. Hal tersebut terjadi antara lain karena masih kurangnya kemampuan daya beli masyarakat khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam memenuhi kebutuhan akan rumahnya,” jelas Syahmuddin.

Bantuan diserahkan langsung Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, kepada 390 orang untuk 4 wilayah Kecamatan untuk Tomoni Timur 80 Orang, Tomoni 130 Orang, Mangkutana 110 Orang dan Kalaena 70 Orang.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler mengatakan, pembangunan perumahan dan permukiman jika dilakukan secara benar akan memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan. Hal tersebut disebabkan karena pembangunan perumahan dapat mendorong pertumbuhan wilayah dan ekonomi daerah, mendukung pembangunan sosial budaya dan memberikan efek multiplier terhadap sektor lain seperti penciptaan lapangan kerja baik yang langsung maupun yang tidak langsung.

“Oleh karena itu, saya berharap pembangunan perumahan dan permukiman harus didukung oleh suatu kebijakan, strategi dan program yang komprehensif dan terpadu sehingga selain mampu memenuhi hak dasar rakyat juga akan menghasilkan suatu lingkungan perumahan dan permukiman yang sehat, serasi, harmonis, aman dan nyaman, utamanya di Kabupaten atau Kecamatan kita di Luwu Timur sendiri,” harap Husler.

Lanjut Husler, kegiatan ini juga merupakan kegiatan di salah satu visi misi dan merupakan program prioritas pertama saya untuk memberikan bantuan bedah rumah kepada seluruh masyarakat yang kurang mampu, kegiatan ini saya canangkan tiap tahunnya dan kita sudah memberikan 4.911 unit kepada masyarakat untuk bedah rumah.

“Saya akan tetap berkomitmem untuk meratakan dan saya berharap semua yang membutuhkan dapat semua. Saya Harap semua dapat menempati Rumah Layak Huni,” tutup Husler. (hms/ikp/kominfo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed