oleh

Basarnas Kendari Rencana Bangun Kantor di Luwu Timur, Ini Respon Bupati

Malili___ Untuk memudahkan pelayanan jika terjadi bencana, Tahun 2020 rencananya pihak Basarnas Kendari akan membangun kantor di Kabupaten Luwu Timur. Hal itu terungkap dalam kunjungan Kepala Kantor Basarnas Kendari Djunaidi, Kamis (18/07/2019) yang diterima Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thorig Husler dirumah dinasnya.

Pada pertemuan tersebut, pihak Basarnas Kendari menanyakan kesiapan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam hal penyiapan lahan, karena rencananya tahun depan Basarnas akan membangun kantor di Bumi Batara Guru.

Hal itu kemudian dijawab oleh Bupati Luwu Timur bahwa pada intinya Pemerintah Kabupaten Luwu Timur telah sepakat untuk menyiapkan lahan guna pembangunan kantor Basarnas.

“Tinggal menunggu kapan kesiapan dari pihak Basarnas untuk membangun kantor. Masalah lahannya, Pemda Luwu Timur akan siapkan,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, dengan adanya Kantor Basarnas di Luwu Timur, tentu segala kebutuhan dan perlengkapan untuk penanggulangan bencana akan lebih siap dan tanggap. Apalagi sejak berada di Luwu Timur, respon Basarnas sangat cepat untuk membantu masyarakat Luwu Timur yang tertimpa bencana ataupun musibah.

“Dengan dibangunnya Kantor ini, diharapkan bisa merespon lebih cepat ketika masyarakat membutuhkan pertolongan dalam menghadapi bencana. Tentu sarana kantor ini akan lebih baik karena akan dilengkapi sarana dan prasarana pendukung,” kata Husler.

Sementara Kepala Kantor Basarnas Kendari mengatakan, selama ini tim Basarnas Kendari yang bertugas di Luwu Timur, hanya menempati kantor bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur.

“Makanya, jika didukung Pemerintah setempat, kami bermaksud untuk membangun kantor dan Pos Basarnas di Luwu Timur. Jika sudah ada kantor di wilayah ini, tentu kita akan fokuskan penerimaan tenaga personil dari daerah ini,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut selain membahas rencana pembangunan Kantor Basarnas di Kabupaten Luwu Timur, dari pihak Basarnas juga menyampaikan dalam waktu dekat ini akan menambah sarana berupa speed boat sebanyak 3 unit dan personil sebanyak 5 orang.

“Untuk memudahkan pelayanan, dalam waktu dekat ini kami dari pihak Basarnas akan menambah sarana speed boat sebanyak 3 unit dan 5 personil Basarnas diwilayah ini,” kata Djunaidi

Dalam penerimaan kunjungan Kepala Basarnas Kendari tersebut, Bupati Luwu Timur turut didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur, M. Zabur dan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Sukarti. (hms/ikp/kominfo)

News Feed