oleh

Optimalkan Layanan, Dinkes Bentuk Pokjanal Posyandu

Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terus berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat terutama di bidang Kesehatan. Salah satunya adalah pembentukan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu. Hal ini tercermin pada rapat koordinasi yang digelar di Hotel I Lagaligo, Kec. Malili, Selasa (09/04/2019), dengan menghadirkan para OPD, Badan, Lintas Sektor terkait.

Kegiatan tersebut dibuka Asisten Administrasi Umum, Aini Endis Anrika, mewakili Bupati Luwu Timur, diikuti sebanyak 20 orang peserta, sedangkan narasumber berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Lutim, Balobo Abbas mengungkapkan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi koordinasi, pembinaan serta fasilitasi Pokjanal posyandu mulai dari Tingkat Provinsi sampai pada Tingkat Kabupaten yang berkaitan dengan fungsi dan kinerja dari posyandu.

Asisten Administrasi Umum, Aini Endis Anrika dalam sambutannya mengatakan, kelompok kerja operasional ini merupakan turunan dari Pokja Nasional di daerah tingkat Kabupaten, yang bertujuan untuk menginvetarisasi Posyandu dalam mengembangkan kegiatan Posyandu yang terintegrasi dengan layanan sosial lainnya.

‚ÄúPokjanal Posyandu punya tugas menyampaikan data dan informasi dalam skala Kabupaten tentang keadaan maupun perkembangan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan program posyandu,” kata Endis.

Endis menambahkan, Pemerintah Lutim sejalan dengan Pemerintah Provinsi, yang berkomitmen membangun pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat khususnya bagi ibu dan bayi. Karena itu, dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dan pemberdayaan masyarakat perlu adanya jalinan kerjasama dengan lintas sektor dan organisasi masyarakat terkait.

“Dengan terbentuknya kelompok kerja operasional Posyandu yang melibatkan Dinas kesehatan dan OPD terkait, berbagai masalah yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan di Posyandu dapat ditangani dengan maksimal,” harap Endis.

Asisten Administrasi Umum, Luwu Timur berharap agar kelompok kerja yang dibangun dapat menggerakan pembangunan kesehatan yang terus menerus diupayakan Pemkab dalam menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera seperti yang diharapkan bersama.

Liputan: hms/ikp/kominfo/redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed