oleh

Bawaslu Lutim Diminta Libatkan Masyarakat Awasi Pemilu

Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur meminta kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur agar melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengawasan pemilu, sehingga pengawasan pemilu berjalan maksimal.

Permintaan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, H. Bahri Suli, saat mewakili Bupati Luwu Timur membuka acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019 yang digelar Bawaslu di Aula Hotel Sikumbang, Kecamatan Tomoni, Jum’at (05/04/2019).

“Jika melihat jumlah personil panitia pengawas pemilu yang jumlahnya sangat terbatas, tentu pengawasan partisipasi masyarakat menjadi sangat penting peranannya, saya percaya membangun kesadaran dan parsipasi aktif masyarakat merupakan salah satu strategi pengawasan pemilu,” kata Bahri Suli.

Bahri menambahkan, sosialisasi yang digelar Bawaslu terkait pengawasan pemilu adalah komponen penting dalam menentukan sukses tidaknya pemilu yang demokratis.

Menurutnya, Bawaslu pada semua tingkatan memiliki peran penting menjaga agar pemilu terselenggara dengan demokratis secara luber dan jurdil sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Sekretaris Daerah Lutim ini juga mengingatkan agar seluruh Aparatur Sipil Negara untuk tetap menjaga netralitas selama proses pemilihan umum berlangsung.

“Saya sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian menegaskan agar segenap ASN dituntut menjaga netralitas dan profesionalisme dengan tidak terlibat politik praktis, karena ada sanksi yang akan diberikan apabila tidak bisa menjaga netralitasnya,” tegasnya.

Diakhir sambutannya, Bahri mengingatkan agar dalam proses pelaksanaan pemilu seluruh warga masyarakat tetap menjaga kebersamaan dan kedamaian yang ada di Luwu Timur.

“Kita tentu sudah cukup berpengalaman dengan pelaksanaan pemilihan langsung yang lalu, jangan kita nodai kebersamaan yang kita bina selama ini, mari kita jadikan Kabupaten Luwu Timur pada pelaksanaan Pemilu, menjadi referensi daerah lain di Indonesia khususnya Sulawesi Selatan,” tutup Bahri Suli.

Sosialisi ini melibatkan 50 peserta yang terdiri perwakilan dari Kordiv PHL Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Luwu Timur, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda serta unsur pers, juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Timur, Yohannes Avilla Agus Awanto Putra, Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel, Laode Arumahi, Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Timur, Rahman Atja.

Liputan: hms/ikp/kominfo/redaksi

News Feed