oleh

Damkar Lutim Dapat Penghargaan dari Kemendagri

Dari Bolroom Hotel Ska Co Ex Pekan Baru, Riau, Selasa (05/03/2019), di hadapan puluhan Kepala Daerah dan ribuan pasukan Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Satpol PP se-Indonesia, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menjadi salah satu daerah yang mendapat penghargaan dari Kementerian Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Penghargaan yang diberikan Pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Damkar, Pol PP dan Sat Linmas ini, merupakan bentuk reward atas upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Luwu Timur, serta Kesiapsiagaan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terhadap musibah bencana alam gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018 lalu.

Sekretaris Jendral Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Hadi Prabowo, dalam sambutannya saat mewakili Menteri Dalam Negeri menyampaikan apresiasi kepada seluruh Pemerintah daerah yang telah mendapatkan penghargaan.

Penganugrahan penghargaan tersebut, lanjutnya, sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih Pemerintah Pusat melalui Kemendagri terhadap daerah yang sigap dan berpartisipasi dalam mengirimkan bantuan kepada daerah yang tengah mengalami musibah bencana alam.

Selain itu, Hadi Prabowo menuturkan bahwa, Pemerintah daerah juga diingatkan untuk senantiasa bersinergi dengan semua elemen terkait di daerah dalam rangka menciptakan kondisi ketentraman dan ketertiban umum (Tramtibun).

“Koordinasi, kerjasama dan kesiagaan ini juga bertujuan untuk meningkatkan Tramtibun dan perlindungan masyarakat melalui optimalisasi peran Damkar, Satpol PP dan Satuan Linmas guna mensukseskan pemilu serentak 2019,” bebernya.

Sementara Kepala Satuan Pol PP dan Damkar Luwu Timur, Indra Fauzy yang mewakili Bupati Luwu Timur saat ditemui usai menerima penghargaan tersebut mengatakan, Luwu Timur menjadi salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Selatan yang dianugerahkan penghargaan atas reaksi cepat serta partisipasinya dalam rangka penanggulangan bencana alam gempa dan tsunami di Kota Palu, Sigi serta Donggala.

Penghargaan ini, sambung Indra, tak terlepas dari kepedulian Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terhadap kesiapsiagaan dan respon cepat terhadap berbagai penanggulangan bencana alam baik yang terjadi didalam daerah maupun diluar daerah Luwu Timur.

“Instruksi cepat yang diberikan Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, pada saat terjadinya musibah bencana di Sulawesi Tengah merupakan bagian yang tak terlepas dari penganugerahan yang diterima Kabupaten Luwu Timur saat ini,” tutup Indra.

Liputan: hms/ikp/kominfo/redaksi

News Feed